Pemuda Harapan Bangsa

- Mei 25, 2020

Oleh Firda 

“Buatlah Indonesia bangga terhadap pemudanya”

Pemuda, bukanlah kata yang asing bagi kita. Seberapa penting pemuda untuk bangsa ini ? Tidak ternilai karena memang begitu banyak peran pemuda supaya bisa memajukan bangsa kita. Maka, pemuda harus benar-benar diasah kemampuan dalam segala hal. Supaya menjadi pemuda yang kompeten dan mampu berjuang menjunjung tinggi bangsa kita, Indonesia.

Ir. Soekarno pernah mengatakan, “Beri Aku 10 Pemuda, maka akan aku guncang dunia.” Karena memang besar harapan beliau kepada pemuda. Pemuda sebagai tonggak utama bangsa. Jika nanti semua pejabat pemuda sudah purna, maka siapa penerus mereka ? Jawabannya adalah, pemuda. Kehidupan bangsa kita di masa depan tergantung pada produk pemudanya. Lalu bagaimana sikap pemuda seharusnya ?

Berjuang mempertahankan kemerdekaan kita. Apakah Indonesia belum merdeka? Sudah. Namun, sekarang ini penjajahan lebih banyak dilakukan melalui internet. Yang membuat pemuda mulai meniru gaya bangsa barat, tanpa memilah dan memilih yang sesuai dengan budaya kita. Maka dari itu, penting sekali untuk memberikan pengertian terhadap mereka semua. Supaya tidak terjebak dengan budaya Barat. Kita boleh menggunakan budaya Barat, namun harus memilih yang sesuai dengan budaya bangsa kita, bangsa timur.

Jangan pernah takut membela kebenaran. Sekarang ini, bangsa kita sangatlah limit kebenaran. Mulai dari atasan hingga bawahan. Sebagai atasan, sudah selayaknya memberi contoh yang baik untuk bawahannya. Kita sudah sangat mempercayai mereka, namun hal ini malah justru disalahgunakan oleh mereka. Jika tidak ditegakkan dengan cara membentuk karakter yang baik mulai dari sekarang, calon generasi pemuda penerus bangsa, maka hal ini akan terjadi berkelanjutan. Bukan hanya itu, terkadang masyarakat pun masih ada yang tidak menerapkan kejujuran. Kalau hal ini sudah menjadi kebiasaan maka akan sangat sering dia melakukan tanpa takut hukuman apa pun.

Mempelajari ilmu agama dan mengamalkannya. Ilmu agama sangat penting untuk benteng diri kita dari segala sesuatu yang meragukan kita. Contohnya saat kita sedang kesusahan dalam ekonomi, mungkin kita berpikir untuk mencuri sesuatu. Jika kita tidak memiliki ilmu agama, dan belum bisa memahami semua ilmu tersebut dengan benar, bisa saja kita benar-benar mencuri. Tanpa peduli akibat yang ditimbulkan. Kalau kita memahami ilmu agama dengan baik, maka saat kita tidak memiliki uang kita akan serahkan kondisi ini pada Allah. Dan juga berikhtiar supaya diberi jalan  yang terbaik.

Dan yang terpenting, belajar sungguh-sungguh supaya bisa membawa nama baik bangsa kita. Belajar dan menuntut ilmu sudah menjadi kewajiban kita. Bahkan ada dadits menerangkan, "Menuntut ilmu itu wajib bagi muslim laki-laki dan perempuan.” Ada juga hadits ,“Tuntutlah ilmu sejak dalam buaian hingga liang lahat.” Maka kita harus menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Hingga menemukan ilmu yang cocok dengan kompetensi diri kita. Dan buatlah sesuatu yang bermakna dari ilmu yang kamu kuasai tersebut.

Mungkin hanya sedikit yang diulas di atas. Namun selain itu, masih banyak lagi peran pemuda yang bisa dilakukan. Maka dari itu, pemuda Indonesia harus selalu percaya diri dan bersungguh-sungguh dengan ilmu yang dimiliki. Bersemangat dalam menegakkan kebenaran. Menjaga sikap kita terhadap sesama. Saling tolong menolong dan saling menghormati sesama. Serta, kuasai ilmu dunia maupun ilmu akhirat. Karena ilmu dunia merupakan penunjang kita di akhirat nanti. Dan terakhir, buatlah Indonesia bangga terhadap pemudanya.

*Penulis, tinggal di Ponorogo


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search