Mereka Diciptakan Bukan untuk Bermain

- September 06, 2019


Awalnya merasa aneh, ketika mendengar kisah tentang seorang anak kecil yang tidak suka bermain.  Bermain yang lazimnya merupakan fitrah anak-anak, ternyata tidak berlaku untuk mereka.

Sebut saja kisah seorang Imam Nawawi kecil yang justru menangis ketika diajak hingga dipaksa bermain oleh teman-temannya. Salah satu ulama besar dalam sejarah Islam itu lebih memilih sibuk sendiri dengan Alquran dalam dekapannya.

Lalu kisah masa kecil ulama besar lainnya, Ibnul Jauzi yang juga lebih memilih menjauh dari teman-teman kecilnya, untuk menyibukkan diri dengan ilmu. Ternyata dua tokoh besar ini, tidak suka bermain di masa kanak-kanaknya. Mereka ditakdirkan sudah asyik dengan ilmu sejak awal usianya.

Ucapan seorang Yahya kecil alaihis salam ini, juga layaknya patut kita renungkan. Ketika sedang asyik-asyiknya belajar lalu teman-teman kecilnya datang untuk mengajaknya bermain, dengan tegas dia menjawab, "Bukan untuk bermain aku diciptakan." Sebuah perkataan yang seolah mempertegas tentang apa tujuan penciptaan seorang manusia ke muka bumi ini.

Lalu apa yang bisa kita simpulkan dari kisah-kisah di atas? Apakah seorang anak lebih baik tidak perlu bermain saja? Tentu saja tidak. Bermain bagi seorang anak adalah kebaikan baginya, kebutuhan jiwanya. Walau tetap yang perlu menjadi fokus orang tua adalah permainan seperti apa? Apakah bermainnya mendatangkan kebaikan dan manfaat bagi dunia dan akhiratnya? Permainan yang tidak berlebih-lebihan hingga akhirnya melalaikan. Karena sejatinya bermain hanyalah sarana bukan tujuan.

Pun ketika kita temui ada anak yang lebih memilih duduk tenang membaca sebagai hiburannya daripada bermain, tak perlu menganggapnya aneh. Bahkan, jangan pernah memaksa-maksanya untuk bermain. Biarkan dan dukung ia menekuni apa yang dicintainya itu. Karena bisa jadi, dia adalah salah satu yang memang ditakdirkan siap menerima ilmu dan menjadi besar di usia lebih awal.

*Soegesti, teman bermain dan bertumbuh tiga jagoan kecil yang sedang aktif-aktifnya.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search