Agus Salim: Saya Bukan Mata-Mata Belanda!

- November 06, 2018
Haji Agus Salim
7 Mei 1927. Sekitar 3000 orang memenuhi gedung Adhi Dharmo, meluber hingga ke halaman. Malam itu, akan menjawab tuduhan besar yang dialamatkan pada "The Grand Old Man", Mohammad Roem menyebutnya "Bapak Spritualisme". Dialah Haji Agus Salim.
Seluruh hadirin sudah bersiap mendengarkan perdebatan antara mantan anggota Volksraad itu dengan Mr. Singgih, pemimpin redaksi Majalah Timboel yang memuat tulisan berjudul "Partai Sarekat Islam". Tulisan itu berisi tuduhan bahwa Haji Agus Salim adalah seorang intel Belanda. Sebuah tuduhan yang tak main-main, hingga membuat aktivis PSI dan Jong Islamietend Bond (JIB)-dimana Haji Agus Salim sebagai pembinanya- marah besar.
Lima juri yang netral telah terpilih. R.M.T.A. Koesoemo Oetoyo sebagai ketuanya. Sidang terbuka pun dimulai. Mr Singgih memulai pembicaraan, ia memaparkan latar belakang tulisannya yang menjadi polemik itu. Haji Agus Salim dengan tenang menanggapi paparan Mr Singgih yang dianggap keluar dari persoalan dan terkesan menunggu Haji Agus Salimlah yang membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.
Hasil dari pertemuan terbuka yang digagas oleh PSI itu, dewan juri memutuskan bahwa Mr Singgih tidak berhasil membuktikan tuduhan-tuduhannya. Tapi Haji Agus Salim belum merasa puas. Ia menulis artikel untuk membalas fitnah itu di Majalah Het Licht, berjudul "Bek ik een spion?" (Adakah Saya Seorang Intel?). Sebuah tulisan cukup panjang, yang kata Ridwan Saidi, sekaligus mengungkap biografi intelektual seorang tokoh besar yang belum pernah diungkap sebelumnya.
Sungguh menarik, jika tradisi seperti ini dilestarikan. Haji Agus Salim, yang sebenarnya punya hak untuk memperkarakan kasus itu ke pengadilan dengan gugatan pencemaran nama baik, namun beliau tidak melakukannya. Sidang terbuka dan tulisan di media massa menjadi pilihan, agar masyarakat lebih cerdas dalam menilai dan menganalisa sebuah opini, lebih-lebih sebuah isu negatif yang dialamatkan kepada pemuka umat.[rafif]

1 comments:

avatar

Mana tulisan beliau??


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search