Peduli Sulteng, Aliansi Pemuda Sidoarjo Galang Dana

- Oktober 08, 2018

Pada akhir bulan September, Palu, Sigi, dan Donggala diguncang gempa, tsunami, serta likuifaksi tanah. Tiga bencana beruntun tersebut telah membuat banyak korban berjatuhan. Selain itu, penduduk juga mengungsi dan membutuhkan banyak bantuan, mulai dari makanan, sanitasi, kesehatan, sampai trauma healing. Oleh sebab itu, para pemuda yang tergabung dalam berbagai komunitas di Sidoarjo pun berinisiatif menggalang dana untuk membantu saudara-saudara di sana.
penggalangan dana oleh Aliansi Pemuda Sidoarjo

Pagi hari, Ahad (6/10), beragam komunitas di Sidoarjo ini sudah berkumpul di depan Monumen Jayandaru alun-alun Sidoarjo. Komunitas yang berkontribusi antara lain dari Nada Islam Entertainment, Komunitas Muda Sidoarjo, Sahabat Muda Sidoarjo, FLP Sidoarjo, Sahabat Hijrah Sidoarjo, Tebar Sedekah, Komunitas Bisnis Muslim, Forum Indonesia Muda, One Day One Juz DPA Sidoarjo, dan di-support oleh pihak Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sidoarjo dan Dompet Al-Quran (DQ).

Usai briefing beberapa saat, pemuda dari berbagai komunitas tersebut disebar ke berbagai titik. Selain di sekitar alun-alun, mereka juga disebar ke daerah GOR dan daerah Gading Fajar yang ramai pengunjung. Selain menyebarkan para relawan ke beberapa titik tersebut, acara juga tetap berjalan di depan Monumen Jayandaru untuk menarik perhatian para pengunjung.

Dimulai pada pukul 7 pagi, perwakilan dari berbagai komunitas ini mulai unjuk gigi untuk tampil di depan monumen. FLP Sidoarjo berkesempatan untuk berkontribusi menampilkan pembacaan puisi untuk menghibur para pengunjung. Dua puisi dibacakan oleh Kyotahamzah, salah satu anggota FLP Sidoarjo. Selain FLP Sidoarjo, Nada Islam juga menghibur dengan nasyid acapella yang ditampilkannya.

Pukul 9.30, akhirnya penggalangan dana selesai. Berbagai komunitas ini menuju ke kedai Oshilova di Jl. Ponti yang telah memberikan sponsor untuk kegiatan ini. Usai mengevaluasi kegiatan dan berembuk, akhirnya kumpulan para pemuda di Sidoarjo ini sepakat untuk dinamakan “Apemsigar”, singkatan dari Aliansi Pemuda Sidoarjo dan Gerakan Relawan. Lain waktu, mereka bersepakat untuk mengadakan kegiatan bersama lagi.


Kegiatan hari ini pun berakhir dengan baik. Hasil penggalangan dana terkumpul sebanyak Rp 6.391.000, ditambah tiga pack kaos kaki baru. Aliansi pemuda berterima kasih banyak kepada warga Sidoarjo yang antusias mengulurkan tangan untuk para saudara di Sulawesi Tengah, dan tentunya berharap agar bantuan itu dapat bermanfaat bagi warga di sana. Selanjutnya, bantuan tersebut akan disalurkan oleh para relawan BSMI dan DQ. [Niswa]


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search